Selasa, 29 November 2011

Lotup SMANSASI


LOTUP SMA NEGERI 1 SIBOLGA

Berhubung karena adanya lomba tata upacara bendera tingkat SMA se-kota Sibolga, maka SMA Negeri 1 Sibolga sebagai salah satu peserta lomba telah mempersiapkan diri. Sebelum pelaksanaan lotup latihan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Adapun petugas upacara dalam lotup kali ini adalah:
1. petugas pengibar bendera yang merupakan pasukan pengibar bendera Kota Sibolga,    yang juga merupakan siswa SMA Negeri 1 Sibolga
2. petugas pembacaan Undang-Undang siswa dari kelas XII IPA 1
3. petugas pembacaan janji siswa adalah siswa dari kelas XII IPA 2
4. petugas pembacaan doa adalah siswa dari kelas XII IPA 2
5. pemimpin upacara adalah siswa dari XII IPA 1
6. protokol dari kelas XII IPA 1
7. peserta paduan suara gabungan siswa kelas XII IPA 2, XI IPA1, dan XI IPA 2.

Sebelum lotup dilaksanakan kami semua petugas dan peserta upacara melakukan gladi bersih di lapangan SMAN 1 Sibolga. Tepat pada jam 08.30, penilai lotup mulai melakukan penilaian. Upacara berjalan dengan tertib namun pada pertengahan pelaksanaan upacara seorang siswa pingsan dan menyebabkan sedikit keributan.
Adapun urutan pelaksanaan lotup sama seperti upacara secara umum, yaitu:
“ Dimulai dengan masuknya pemimpin upacara ke lapangan dan penghormatan kepada pemimpin upacara. Dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing ketua barisan kepada pemimpin upacara. Lalu, pembina upacara memasuki lapangan upacara dan diikuti dengan penghormatan kepada pembina upacara dan laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara. Adapun pembina upacara dalam upacara kali ini adalah Bapak Hutapea ( Kapala Sekolah SMAN 1 Sibolga ). Kemudian dilaksanakan pengibaran bendera merah putih dan diikuti dengan mengheningkan cipta. Lalu, pembacaan UUD 1945, pancasila yang dibawakan oleh pembina upacara dan janji siswa. Selanjutnya adalah bimbingan dari pembina upacara. Kemudian menyanyikan lagu wajib nasional yaitu lagu Bangun Pemudi Pemuda. Upacara pun diakhiri dengan doa. Lalu, laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara, penghormatan kepada pembina dan pemimpin upacara. Akhirnya, barisan pun dibubarkan. ”
Demikianlah kegiatan lomba tata upacara di SMAN 1 Sibolga.
Gambar-gambar pelaksanaan lotup:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar